oleh

Menuju Teknologi Pendidikan Masa Depan

-Indramayu-549 views

NANOTEKNOLOGI saat ini berkembang dengan cepat dan menjadi terobosan penting bagi kebutuhan manusia. Teknologi yang dapat diaplikasikan dalam berbagai bidang sains, teknik, medis, produksi, konservasi energi hingga alat elektronik ini, diharapkan dapat menjadi solusi untuk berbagai permasalahan yang dihadapi manusia.

Nanoteknologi adalah ilmu yang mempelajari objek dengan ukuran sangat kecil dan melakukan rekayasa untuk menghasilkan produk baru dengan sifat khusus yang diinginkan. Salah satu contoh aplikasi nanoteknologi adalah Carbon Nano-Tube (CNT), yang sangat ringan dan memiliki kekuatan 100 kali lebih kuat dari baja.

Pengembangan nanoteknologi ini berdampak sangat besar bagi kehidupan. Sehingga banyak negara berlomba-lomba mengalokasikan dana untuk berinvestasi mengembangkan teknologi material berukuran kecil tersebut.

Khusus di dalam negeri, produk kebutuhan masyarakat yang menggunakan nanoteknologi juga semakin banyak. Hasil penelitian dan riset nanoteknologi, juga sudah mulai terasa karena industri mulai melirik aplikasi teknologi ini.

Ke depan, nanoteknologi menjadi penemuan penting yang akan sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Inilah yang menjadi peluang untuk mengembangkan nanoteknologi, khususnya dalam bidang pendidikan.

Perkembangan nanoteknologi menjadi informasi yang menarik untuk siswa SMA dan SMK milenial di Kabupaten Indramayu. Melalui program Nano for Teen yang diselenggarakan Pusat Penelitian Nanosains dan Nanoteknologi Indonesia (PPNI) Institut Teknologi Bandung (ITB), Dewan Pendidikan (Wandik) mengajak siswa di Kabupaten Indramayu untuk mengenal lebih jauh tentang nanosains dan nanoteknologi dalam menghadapi perkembangan teknologi pendidikan.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi para siswa. Selain memperkenalkan tren terbaru dalam bidang teknologi, siswa juga akan mengenal alat-alat teknologi terbaru yang ada di laboratorium terinterasi ITB.

Kegiatan yang dirasa sangat bermanfaat ini, diharapkan bisa disosialisaikan ke seluruh sekolah di Kabupaten Indramayu. Sehingga sejak dini, siswa telah mengenal nanosains dan nanoteknologi sebagai sebuah penemuan teknologi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Silakan kepada bapak maupun ibu guru untuk menginformasikan kegiatan ini kepada para siswa. Untuk keterangan lebih lanjut, bisa menghubungi langsung Wandik Indramayu.

News Feed