oleh

Waspadai Penipuan Calon PNS

INDRAMAYU-Rencana dibukanya pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) mulai 11 November 2019, masyarakat diharapkan untuk mewaspadai adanya penipuan.

Pasalnya, setiap menjelang pembukaan pendaftaran CPNS, kerap ada oknum yang memanfaatkan kesempatan. Mereka biasanya mengatasnamakan dari pihak pemerintah dan berjanji bisa membantu kelulusan, dengan syarat memberikan uang dalam jumlah tertentu.

“Kami ingatkan kepada para pelamar CPNS, bahwa tidak ada satu orang pun yang bisa membentu kelulusan. Karena seleksi dilakukan secara online. Jadi jangan percaya kalau ada orang yang mengaku bisa membantu kelulusan CPNS, apalagi dengan meminta imbalan uang. Jangan percaya,” tegas Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumberdaya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Indramayu Winaryo SSTP, Rabu (30/10).

Winaryo menjelaskan, pendaftaran CPNS tahun 2019 akan dimulai 11 November 2019 secara online melalui SSCASN BKN. Ditegaskannya, pelamar hanya bisa mendaftar di satu instansi dan satu formasi jabatan di kementerian atau lembaga atua pemerintah daerah provinsi atau kabupaten/kota.

“Seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan computer assisted test (CAT) direncanakan mulai Februari 2020 dan seleksi kompetensi bidang (SKB) pada bulan Maret 2020,” kata Winaryo.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pembinaan Sumberdaya Manusia (BKPSDM), Drs H Wahidin MM mengatakan, Kabupaten Indramayu untuk tahun ini mendapatkan 361 formasi CPNS. Menurutnya, jumlah tersebut memang masih belum sesuai harapan. Namun ia mengaku bangga karena Kabupaten Indramayu masih kebagian formasi.

“Kita baru mendapatkan informasi kalau jumlah kuota CPNS untuk Indramayu sebanyak 361. Meski demikian belum tahu rinciannya untuk formasi apa saja,” kata Wahidin. (oet)

News Feed