oleh

Gencar Sosialisasi Pembentukan Inbar

INDRAMAYU-Pemekaran Kabupaten Indramayu masih berproses. Bagian Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Kabupaten Indramayu menggelar sosialisasi rencana pembentukan daerah otonomi baru (DOB) Kabupaten Indramayu Barat (Inbar).

Berlangsung selama 3 hari, sosialisasi di Aula Hotel Wiwi Perkasa 2, Jalan DI Panjaitan 44 Kelurahan Karanganyar itu dibuka Asisten Pemerintahan Setda Kabupaten Indramayu Drs H Jajang Sudrajat yang mewakili Plt Bupati Indramayu H Taufik Hidayat SH, Senin (28/10).

Sejumlah pemateri berkompeten dihadirkan. Diantaranya dari unsur Biro Pemerintahan dan Kerjasama Setda Provinsi Jawa Barat serta Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Indramayu.

Panitia Pembentukan Kabupaten Indramayu Barat (PPKIB) juga turut menjadi narasumber sekaligus memberikan laporan tahapan pembentukan Calon Daerah Persiapan (CDP) Kabupaten Inbar.

Ketua PPKIB, Sukamto SH menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Bagian Otda serta diikuti para peserta terdiri dari para kuwu, ketua BPD serta pendamping dari masing-masing kecamatan yang masuk dalam wilayah Kabupaten Inbar.

“Kegiatan sosialisasi ini sangat penting untuk menyampaikan informasi proses atau tahapan pemekaran yang telah dilaksanakan oleh Pemkab Indramayu,” kata Sukamto.

Pihaknya optimistis, dukungan elemen masyarakat dari 10 kecamatan yaitu Kroya, Gabuswetan, Kandanghaur, Bongas, Terisi, Patrol, Sukra, Anjatan, Haurgeulis dan Gantar akan terus mengalir terhadap rencana pembentukan DOB Kabupaten Inbar.

Terlebih, berdasarkan pernyataan salah satu pemateri yakni Kabag Urusan Pemerintahan pada Biro Pemerintahan dan Kerjasama Setda Provinsi Jawa Barat, Neni Rohaeni MAP, yang menyampaikan bagi calon DOB yang telah mendapat  persetujuan dan dukungan bupati induk akan terlaksana.

Menurut Sukamto, pernyataan itu menjadi angin segar seiring dengan telah diserahkannya dokumen persyaratan pemekaran Kabupaten Indramayu disertai usulan rencana pembentukan calon daerah persiapan (CDP) Kabupaten Indramayu Barat (Inbar) ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada awal bulan lalu. (kho)

News Feed