oleh

Pemdes Larangan Gelar Sedekah Bumi

INDRAMAYU-Dalam rangka menghadapi persiapan masa musim tanam, Pemerintah Desa Larangan Kecamatan Lohbener menggelar acara sedekah bumi atau kumpul tumpeng bersama masyarakat.

Ribuan nasi tumpeng dengan berbagai kreasi yang dibuat serta dibawa oleh masyarakat dikumpulkan menjadi satu di balai desa setempat. Acara adat yang digelar akhir pekan kemarin itu, terlihat semarak dan berjalan sukses.

Kuwu Desa Larangan Masedi mengatakan, acara sedekah bumi adalah acara persiapan untuk menyambut musim tanam. Acara adat tersebut bertujuan selain bentuk wujud syukur, juga memohon kepada sang pencipta diberikan keselamatan dan kesuburan pada saat tanam nanti, serta mendapatkn keberkahan hasil melimpah.

“Selain itu dalam acara adat sedekah bumi ini dijadikan sebagai ajang tali silaturahmi dan gotong royong. Sedekah bumi ini adalah salah satu warisan dari nenek moyang kita terdahulu, sehingga kita perlu melestarikanya,” ujar Masedi.

Acara adat ini, lanjut Masedi, rutin dilakukan setiap tahun. Dalam prosesi acara kumpul tumpeng diisi dengan menggelar doa bersama yang dipandu oleh tokoh ulama.

“Ada berbagai acara yang ditampilkan, mulai dari karnaval atau pawai keliling desa. Dalam karnaval itu diikuti ribuan warga dengan membawa tumpeng masing masing. Diiringi group drum band, singa depok serta reog. Selain itu khitanan masal,” terangya.

Sementara itu, Pembina Karang Taruna Bagus Rangin Desa Larangan, Ajiz Riyanto, mengatakan, acara sedekah bumi terlaksana berkat kerja keras semua pihak. Dalam acara adat ini, melibatkan pemuda Karang Taruna. (kom)

News Feed