oleh

Ajak Komunitas Pecinta Hewan Rutin Vaksin Rabies

INDRAMAYU- Semakin banyaknya komunitas pecinta hewan termasuk kucing di Kabupaten Indramayu, menjadi perhatian sendiri bagi para dokter hewan yang ada di Kabupaten Indramayu. Pasalnya kucing bisa tertular virus rabies yang bisa menularkan pada pemiliknya.

Nenurut dr H Agung, virus rabies harus diwaspadai para pecinta hewan terutama kucing. Untuk mengatisispasi agar kucing tidak tertular virus rabies, komunitas pecinta kucing di Kabupaten Indramayu harus memperhatikan kesehatan dan kebersihan, serta memperhatikan kapan waktunya untuk divaksin rabies.

“Di Indramayu banyak pecinta kucing, sudah jadi komunitas malah. Ini yang harus menjadi perhatian anggota komunitas. Harus selalu memantau kesehatan peliharaannya, karena jika sudah terserang rabies dan hewan menularkan pada pemiliknya dengam menggigit akibatnya sangat fatal. Telat penanganan bisa berimbas pada kematian,” kata Agung.

Dikatakan Agung, butuh kepekaan pemilik, agar rutin memvaksin  rabies kucing atau anjing peliharaan. Hal itu bisa mengantisipasi tertular virus rabies.

Selain itu, Agung mengingatkan kepada para pecinta hewan lainnya, seperti musang dan hewan lainnya yang dapat menyebarkan virus rabies agar secara rutin memeriksakan kesehatan hewan peliharaan di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Indramayu.

“Harusnya komunitas hewan apa pun bisa kerja sama, jangan sampai ada kasus baru DPKH dilibatkan. Komunitas pencinta hewan tinggal datang saja di puskeswan (pusat kesehatan hewan), jalin kerja sama dalam pemeriksaan kesehatan hewan,” ujarnya. (oni)

News Feed