oleh

KKMI Indramayu Gelar Jambore bagi Penggalang Pramuka

INDRAMAYU- Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kabupaten Indramayu menggelar Jambore Penggalang Pramuka di Bumi Perkemahan (Buper) Sidomba, Kabupaten Kuningan. Kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka itu berlangsung selama tiga hari sejak Senin-Rabu (21-23/10).

Kegiatan itu menitikberatkan pada pengembangan diri peserta. Para peserta jambore digembleng bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

Khusus di hari ke-2 Jambore, adalah momen istimewa. Karena bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional (HSN), 22 Oktober. Dalam hal ini, siswa madrasah adalah bagian tak terpisahkan dari keluarga besar santri nasional. Kegiatan di hari ke-2 dimulai dengan upacara peringatan Hari Santri Nasional dan penuh khidmat.

Menurut M Zaen Fuadi, selaku ketua panitia, Jambore KKMI Kabupaten Indramayu tahun 2019 diselenggarakan untuk menumbuhkan jiwa nasionalisme religius. Memiliki rasa kebangsaan yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

“Kami berupaya mewujudkan manusia Indonesia yang memiliki kualitas keimanan dan ketaqwaan, kemampuan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta berjiwa Pancasila,” tutur Zaen dalam rilisnya.

Tujuan lainnya, sambung Zaen, Jambore  KKMI Kabupten Indramayu 2019 untuk meningkatkan kemandirian, kepemimpinan, keterampilan, dan pengamalan Kode Kehormatan Pramuka yaitu Tri Satya dan Dasa Darma.

Zaen juga menyampaikan amanat kepada para kader penggalang, pentingnya mengenal dan meneladani jiwa patriotisme dan nasionalisme para kiai dan pemuka-pemuka agama dalam memperjuangkan kemerdekaan, dan menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Banyak pengalaman berharga dan pelajaran penting yang pantas menjadi oleh-oleh peserta Jambore. Baik yang bersifat keagamaan, kepramukaan, toleransi, kemandirian, cinta tanah air, instrospeksi, dan sikap saling menghargai yang menjadi bagian penting dalam upaya memupuk dan membina rasa persaudaraan, kebersamaan, serta menumbuhkan sikap suka tolong menolong pada kebaikan,” katanya.

Perkemahan Jambore KKMI tahun ini dibuka Penyelenggara Syari’ah Kantor Kemenag Kabupaten Indramayu Drs H Zaenal Arifin MA yang mewakili Kepala Kemenag Kabupaten Indramayu. Dia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang menyukseskan Perkemahan Jambore Penggalang Pramuka KKMI Kabupaten Indramayu 2019.

“Antusiasme peserta Jambore cukup membanggakan. Sehingga acara demi acara dapat berjalan dengan lancar. Adapun hambatan-hambatan yang muncul, alhamdulillah dapat diantisipasi panitia dan relawan dari alumni Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD) tahun 2018 yang dimotori oleh Ka Ahmad Royani dan kawan-kawan,” kata Zaenal.

Dari kegiatan Jambore ini, diharapkan para peserta dapat menjadi Pramuka sejati, yang memiliki integritas tinggi sebagai pribadi maupun sebagai anggota masyarakat.

“Saya masih memiliki keyakinan bahwa kegiatan Pramuka yang dijalankan dengan sungguh-sungguh dan profesional akan melahirkan generasi penerus bangsa dengan karakter yang kuat dan mumpuni dalam mewujudkan cita-cita luhur para faunding father dalam memajukan, menyejahterkan, serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terangnya.

Puncak Acara Jambore di malam Rabu, diisi dengan kegiatan api unggun. Dengan momen ini, peserta jambore diharapkan dapat mengambil pelajaran tentang semangat yang harus terus dijaga sehingga tetap membara seperti karakter api dan senantiasa mampu menjadi pelita di tengah masyarakat. (hsn)

News Feed