oleh

Hajatan Jadi Ajang Sosialisasi Seniman

INDRAMAYU-Musim panen padi, pesta hajatan marak di wilayah Kabupaten Indramayu barat (Inbar). Tak sekadar hadir untuk menghibur, para seniman turut pula melakukan sosialisasi program pemerintah maupun pihak keamanan kepada masyarakat.

Seperti yang dilakukan seniman Sisingaan di Kecamatan Anjatan. Saat diundang untuk menyemarakkan pesta hajatan warga, merekapun menebar imbauan. Biasanya dilakukan ketika sesion blodoran (lawak, red).

Seniman yang tampil mengajak warga yang menonton untuk menjaga anak-anak mereka agar tidak sembarangan menggunakan handphone dan media sosial. Tentu saja dengan penyampaian yang menghibur dan mengundang gelak tawa.

“Sosialisai dan menebar imbauan ini salah satu peran yang kita sampaikan kepada masyarakat setiap kali pentas. Bagian komitmen kami membantu pemerintah dan pihak keamanan,” terang Anto, salah seorang seniman kepada Radar Indramayu, Minggu (20/10).

Materi sosialisasi, tidak jauh dari kebiasaan atau hal-hal yang lumrah terjadi dimasyarakat. Seperti pemanfaatan gadget maupun medsos. Lewat lawakan, disampaikan mengenai bahayanya menggunakan handphone untuk mengumbar hoax atau informasi yang belum jelas kebenarannya.

Kepada warga diminta pula mengawasi perilaku anak-anaknya ketika menggunakan handphone. “Sosialisasi antisipasi hoax sekarang yang sedang kita gencarkan, disamping pesan kamtibmas,” ujarnya.

Salah seorang tokoh masyarakat, Caya memberikan apresiasi kepada para seniman dalam upaya mereka memberikan pencerahan kepada masyarakat. Sejatinya penyampaikan informasi disaat penyelenggaraan pesta hajatan sudah rutin dilakoni oleh aparatur pemerintah, Polri maupun TNI.

Menurutnya, pesta hajatan seperti khitanan maupun pernikahan warga di kampung-kampung dapat menjadi sarana untuk menyampaikan program pemerintahan secara efektif, murah dan tepat sasaran.

Sebab biasanya, pada pesta hajatan banyak orang berkumpul dan segala sesuatunya sudah disediakan oleh penyelanggara hajat. Seperti peralatan sound sistem, makanan, minuman sampai hiburannya. (kho)

 

News Feed