oleh

Tanah Tanggul Masih Ambles,Target 3 Bulan Mulai Dipasang Tiang Pancang

INDRAMAYU-Tanggul Sungai Cimanuk yang ambles di Blok Rengaspayung Desa/Kecamatan Cimanuk mulai dipasang tiang pancang, Jumat (18/10). Diperkirakan, pengerjaan tanggul Sungai Cimanuk yang ambles sepanjang lebih dari 100 meter itu akan rampung tiga bulan mendatang.

Perwakilan PT Tubagus Rangin, Mas Al mengatakan, pengerjaan pemancangan tanggul Sungai Cimanuk di Blok Rengaspayung di perkirakan akan selesai 3 bulan mendatang. Namun, lanjutnya, tidak menutup kemungkinan  selesai lebih cepat. “Tergantung kondisi alam,” katanya kepada Radar indramayu, kemarin (18/10). Namun, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin untuk menyelesaikan perbaikan tanggul sehingga bisa melindungi pemukiman warga dan menahan luapan air saat musim hujan.

“Memang butuh perhitungan matang, tanggul ini masih terus bergerak turun, setelah dilihat tidak ada tanah yang bergeser. Jadi tanah ini benar-benar ambles, kita terus berupaya sejauh mana tanah ini ambles, kemarin kita urug ternyata masih ambles,” ucap Mas Al disela-sela kegiatannya pada radar, Jumat (18/10).

Diungkapkannya, selama proses perbaikan tanggul sejak 3 minggu lalu, berbagai kendala di hadapi pekerja, terutama kodisi alam yakni tanah yang masih labil serta kendala teknis.

“Kondisi alam sih, semoga nanti tidak ada kendala lainnya, dan bisa selesai sebelum musim penghujan, saat intensitas curah hujan tinggi,” ujarnya.

Sementara itu, Kuwu (Kepala Desa) Kertasemaya Novanita mengatakan, perbaikan tanggul ambles dilakukan Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk Cisanggarung (BBWSCC) melalui kontraktor PT Tubagus Rangin.

Kuwu perempuan yang akrab disapa Nova ini berharpa, perbaikan ini dapat mengatasi keresahan masyarakat di Blok Rengaspayung yang sudah beberapa bulan dihantui dampak tanggul ambles dan enam rumah terdampak tanggul ambles.

“Berdasarkan tim ahli dari BBWS kondisi tanggul sangat kritis, penanganannya bukan sebatas dipancang, tapi tanggul yang ambles akan diurug kembali sampai benar-benar padat, sampai tidak lagi ambles,” terangnya.

Selain itu, Nova mengimbau kepada warganya agar selalu tetap waspada, serta mendukung proyek perbaikan tanggul agar berjalan lancar, tanggul kembali aman, Kertasemaya terbebas dari bencana alam tanggul ambles. “Pemdes akan usahakan memfasilitasi rumah warga yang terkena dampak, tergantung permintaan pemilik rumah apa hanya diperbaiki atau direlokasi,” tutupnya. (oni)

News Feed