oleh

Dongkrak Perolehan Pajak Kendaraan, Samsat Haurgeulis Gencar Operasi Gabungan Terpadu

INDRAMAYU-Operasi terpadu tertib kendaraan bermotor yang digelar Kantor Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Wilayah Kabupaten Indramayu II Haurgeulis mampu mendongkrak realisasi pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB).

Selama tiga hari, pelaksanaan razia yang melibatkan jajaran Kepolisian Resor Indramayu, Denpom, Dishub dan Jasa Raharja, penerimaan negara dari sektor PKB mencapai angka Rp23 juta dengan jumlah STNK kendaraan roda dua dan empat yang ditahan sebanyak 53 unit.

Operasi gabungan (opgab) ini menyasar kendaraan bermotor yang tidak melakukan daftar ulang (KTMDU). Baik roda dua maupun roda empat.

“Dampak opgab ini memang mampu mendongkrak pembayaran pajak kendaraan sekaligus juga menekan pelanggaran lalu lintas,” kata Kepala UPTD P3D Wilayah Kabupaten Indramayu II Haurgeulis, Drs H Husen Rahadian Hasan MPd melalui Kasi Pentag Asep Rahmat SIP di sela operasi terpadu tertib kendaraan bermotor di wilayah Kecamatan Anjatan, Kamis (17/10).

Demikian pula dengan peningkatan perpanjangan pajak mati di kantor Samsat Haurgeulis, Samsat Keliling maupun tempat pembayaran lainnya yang tersedia. Imbas opgab, banyak masyarakat wajib pajak yang membayar pajak kendaraannya.

Namun sebenarnya bukan nilainya yang menjadi tujuan, tapi untuk mengingatkan masyarakat untuk tertib membayar PKB. “Minimal mengingatkan dan jangan sampai pura-pura lupa, bayar pajak kendaraan sekarang ini mudah bisa dimana saja. Online juga bisa,” kata Husen Rahadian.

Kasi Pentag, Asep Rahmat SIP menambahkan, selama pelaksanaan razia, bagi pelanggar pajak kendaraan bisa langsung membayarnya di lokasi. Petugas pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) maupun Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) disiapkan. (kho)

News Feed