oleh

Gaji Pertama, Hilal Hilmawan Sumbang Tong Sampah

INDRAMAYU-Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Hilal Hilmawan SIP MIP memenuhi janjinya untuk menyumbangkan gaji pertamanya sebagai wakil rakyat.

Gaji perdananya disumbangkan dalam bentuk bantuan tong sampah kepada masyarakat di Desa Cilandak Lor Kecamatan Anjatan.

Sumbangan sebanyak 100 tong sampah itu diserahkan kepada masyarakat melalui kelompok anak muda yang tergabung dalam Hilal Makmur Sentosa (Hilmas), Selasa malam (15/10). Acara serah terima diwarnai syukuran dan doa bersama.

“Alhamdulillah, janji saya sudah terpenuhi. Gaji pertama saya disumbangkan dalam bentuk bantuan tong sampah. Sudah diserahkan oleh tim kepada kelompok Hilmas untuk kemudian dimanfaatkan masyarakat dan pemerintah desa setempat,” kata Hilal Hilmawan.

Sumbangan ini, lanjutnya, sebagai bentuk terima kasih atas dukungan masyarakat kepada dirinya yang terpilih menjadi anggota DPRD Provinsi Jawa Barat masa jabatan 2019-2024.

Anggota Komisi II DPRD Jabar dari Fraksi Golkar ini menjelaskan, sumbangan tong sampah ini berdasarkan aspirasi dan keinginan masyarakat sendiri. Semula, dirinya menawarkan agar sumbangan gaji pertama yang diberikan tidak diperuntukan untuk kegiatan yang sudah terprogram oleh pemerintah.

Seperti misalnya pembangunan infrastruktur jalan, perbaikan rumah tidak layak huni dan sebagainya. “Lalu masyarakat sepakat minta tong sampah saja, lalu langsung kita realisasikan,” ucapnya.

Menurutnya, bantuan pengadaan tong sampah ini sejalan dengan komitmennya mendorong praktik pengolahan sampah berbasis masyarakat. Sebab, dengan keterlibatan aktif masyarakat persoalan sampah dapat tertangani sejak dini, sehingga tidak memicu beragam persoalan mulai dari lingkungan maupun kesehatan.

“Penanganan sampah harus menjadi perhatian semua lapisan masyarakat termasuk diwilayah pedesaan. Terlebih saat ini sampah telah menjadi masalah yang serius. Daerah kita ini termasuk yang disorot lantaran kondisi sampah yang belum tertangani secara baik,” tutur politisi kelahiran Indramayu, 18 April 1989 ini.

Pembina Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma PP) Kabupaten Indramayu ini memberikan apresiasi kepada masyarakat serta Pemerintah Desa Cilandak Lor dan kelompok Hilmas yang mulai tumbuh kesadaran dalam menyikapi sampah. Sehingga muncul gerakan masyarakat yang konsen terhadap pengelolaan sampah.

“Pengelolaan sampah bisa mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat. Karena banyak sampah yang masih bisa dimanfaatkan dengan sedikit sentuhan kreatifitas bisa memiliki nilai jual,” terang Hilal Hilmawan.

Koordinator Hilmas, Rokhmat memberikan apresiasi kepada Hilal Hilmawan yang menyumbangkan gaji pertamanya dalam bentuk pengadaan tong sampah kepada masyarakat di Desa Cilandak Lor. Selain tong sampah, kelompok Hilmas juga mendapat bantuan berupa kaos.

Dia membenarkan, tong sampah ini merupakan aspirasi masyarakat sendiri dan didukung oleh Pemerintah Desa Cilandak Lor. “Sangat berguna sekali. Karena masalah sampah ini sudah memprihatinkan. Persoalan sampah belum tertangani dengan baik. Masih banyak warga yang membuang sampah di sembarang tempat seperti ke sungai maupun dibakar,” tuturnya.

Namun, pihaknya optimistis akan ada perubahan menyusul gerakan yang dilakukan oleh masyarakat, pemdes dan kelompok Hilmas bersama elemen lainnya untuk menjaga lingkungan bersih dan sehat.

“Hilmas dan pemdes selanjutnya berencana membangun tempat pembuangan akhir sampah supaya tidak menimbulkan pencemaran lingkungan. Teknis kerjasamanya dibahas kemudian, termasuk lokasinya,” tandas Rokhmat. (kho)

News Feed