oleh

Bangga, Hansyah Lolos ke Thailand, Sekolah Pinggiran Torehkan Prestasi di Ajang Bintang Pelajar

INDRAMAYU- Pendiam dan pemalu. Inilah yang menggambarkan sosok Hansyah (10), salah satu siswi yang lolos studi banding ke Thailand dari ajang lomba Bintang Pelajar Rangking Satu Radar Indramayu.

Lolosnya siswi dari UPTD SDN Gunungsari VI Kecamatan Sulagumiwang ke Thailand, tentu membuat bangga sekolah yang selama ini mendidiknya.

Kepala UPTD SDN Gunungsari VI Sumiati SPd mengatakan, pihak sekolah sanggat bangga dengan siswinya karena bisa menunjukkan prestasi terpendamnya di ajang bintang pelajar.

Sumiati sangat mendukung terlaksananya Bintang Pelajar Ranking Satu yang di selenggarakan Radar Indramayu karena bisa menjadi tolok ukur prestasi siswa dan sekolah di seluruh Kabupaten Indramayu.

“Dari juara saja, kita bisa lihat tidak didominasi  sekolah dasar wilayah kota, tapi benar-benar merata, semua wilayah di Kabupaten Indramayu. Sekolahpun bisa mengetahui bahwa pendidikan prestasi di Indramayu di daerah pinggiranpun mampu melahirkan siswa-siswi berprestasi,” ucap Sumiati saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (16/10).

Dijelaskan Sumiati, lima muridnya lolos seleksi di tingkat Kecamatan Sukagumiwang sehingga maju ke tingkat kabupaten. “Di tingkat kabupaten kelima anak harus bersaing dengan 500 peserta lainnya, dan yang mampu bertahan satu murid yakni Hansyah yang berhasil masuk lima besar sehingga bisa studi banding ke Thailand,” bebernya.

Diakui Sumiati, sekolah tidak menyangka Hansyah siswi kelas 5 yang dikenal pendiam mampu menyisihkan peserta lainnya dari sekolah-sekolah yang ada di kota.

Sementara itu, Wali Kelas Warsa didampingi Guru Pembimbing Muntasna SPd mengatakan, sebelum mengikutkan muridnya ke ajang Bintang Pelajar, pihaknya melakukan seleksi bagi murid kelas 5 dan 6. “Terpilih 10 siswa yang mewakili UPTD SDN Gunungsari VI untuk Bintang Pelajar salah satunya Hansyah,” ungkapnya.

Dikatakan Warsa, dirinya tidak menyangka jika siswi yang pendiam dan tidak banyak tingkah bisa bersaing dan menyisihkan peserta lainnya di ajang Bintang Pelajar. ”Hansyah ini mutiara terpendam sekolah kami, mampu menunjukan kemampuan di hadapan semua peserta. Mungkin karena anaknya pendiam jadi tidak begitu terlihat prestasinya, tapi memang Hansyah di kelas masuk ranking 5 besar,” ujarnya.

Warsa berharap, dengan adanya Bintang Pelajar bisa menggali secara maksimal kemampuan anak, menjadi tolok ukur kemampuam akademik anak, dan menjadi evaluasi bagi sekolah bukan hanya di Sukagumiwang tetapi sekolah di Kabupaten Indramayu dalam dalam menggali prestasi akademik siswa dan kegiatan bintang pelajar bisa diadalan setiap tahun.

“Bisa digendakan setiap tahun, tidak sebatas memacu semangat prestasi peserta didik, tapi memacu gairah sekolah dalam mendidik  generasi muda agar lebih berkompeten,” (oni)

 

 

News Feed