oleh

Pembangunan Infrastruktur Fisik Desa Kertasemaya Sudah Tercapai

INDRAMAYU- Pemerintah Desa (Pemdes) Kertasemaya terus melakukan terobosan pembangunan fisik  maupun pemberdayaan masyarakat.

Di bawah kepemimpinan Novanita Putri Aryani S Ab, pembangunan infrastruktur fisik di Kertasmaya sudah mencapai 80 persen, mulai dari pembangunan jalan rabat beton, tembok penahan tanah (TPT), saluran pembuangan air limbah (SPAL), jembatan, rumah tidak layak huni (rutilahu), dan jamban. “Tinggal pemeliharaan dan kita akan melanjutkannya memperkuat sektor perekonomian, pendidikan, dan kesehatan masyarakat,” kata Novanita.

Sedangkan untuk program pemberdayaan masyarakat desa, lanjut perempuan yang akrab disapa Nova ini, Pemerintah Desa Kertasemaya membentuk kelompok pengembangan sektor perikanan, pengembangan ternak jangkrik, dan penyertaan pengembangan permodalan usaha BUMDes.

Pihaknya juga melakukan peningkatan sarana pendidikan anak usia dini, sarana kesehatan masyarakat, mulai dari Posyandu dan Polindes. Hal itu dilakukan guna meningkatkan taraf perekonomian, pendidikan dan kesehatan masyarakat.

“Dengan meningkatkan program-program pemberdayaan masyarakat yang meliputi, bidang perekonomian, pendidikan dan kesehatan bisa berdampak pada IPM masyarakat kami. Kedepan desa akan lebih difokuskan lagi pada bidang penyertaan permodalan BUMDes dalam pengembangan usaha yang lebih mengena ke masyarakat,” pungkasnya.

Langkah yang diambil itu, sambung Nova, tidak lepas dari keinginannya untuk mewujudkan desa yang maju, aman, damai, indah, dan religius (Mandiri) serta sejahtera. (oni)

News Feed