oleh

Bibit Pohon Batang Besar Paling Dicari

INDRAMAYU-Demam budi daya tanaman buah dalam pot atau tabulampot mulai terasa menjelang datangnya musim penghujan. Menariknya, tren tabulampot bergeser kepemilihan bibit pohon berbatang besar. Alasannya, bibit pohon dengan batang besar dinilai cepat berbuah.

“Ya, sekarang banyak yang cari bibit pohon buah yang batangnya besar dan banyak cabang. Untuk tanam di pot atau langsung ditanah,” kata Nanang, pedagang bibit Putra Galuh di Jalan Raya Bongas, Selasa (15/10).

Pemilihan bibit pohon buah batang besar ini umumnya oleh penghobi tabulampot yang memiliki halaman rumah luas. Berbeda dengan warga penghuni komplek perumahan, bibit pohon ukuran minimalis yang dipilih.

Hanya saja, ketersediaan stok bibit pohon buah batang besar dikiosnya sangat terbatas. Demikian juga jenis pohonnya.

“Paling banyak tersedia itu bibit pohon mangga, itupun lokal. Kalau jenis lain seperti jambu, belimbing, klengkeng, alpukat sama anggur jarang. Kita juga sulit nyarinya,” ungkapnya.

Untuk harganya, Nanang menyebut, bergantung ukuran dan jenis pohonnya. Tapi rata-rata antara Rp50 ribu sampai Rp100 ribu.

“Kita memang jual yang harganya terjangkau saja, melihat konsumen yang kebanyakan wong desa,” ujarnya.

Salah seorang pehobi tabulampot, Sani menuturkan, sejatinya tabulampot bukanlah hal yang baru. Sudah lama budi daya ini dilakukan banyak orang. Kembali booming, salah satunya lantaran menjelang datangnya musim penghujan.

Tabulampot menjadi pilihan favorit karena lebih praktis, murah dan cepat berbuah dibandingkan varietas lain. Apalagi jika bibitnya berasal dari okulasi dan ukurannya cukup besar sehingga bisa berbuah kurang dari setahun.

“Tujuan utamanya adalah penghijauan dan kesenangan. Jadi cari tanaman yang sudah besar supaya cepat berbuah saja. Dari segi perawatan, tabulampot tidak tergolong sulit. Sama halnya dengan tanaman tanpa media pot, harus dipupuk dan diberi air. Tetapi memang ada trik khusus agar tabulampot tumbuh dengan baik sehingga menambah estetika rumah,” tandas Sani. (kho)

News Feed