oleh

Siswa-siswi Juga Bisa Bela Negara

INDRAMAYU– Prajurit TNI Koramil 1615/Haurgeulis memberikan pembekalan wawasan kebangsaan kepada ratusan pelajar SMPN 3 Haurgeulis. Pembekalan diberikan bersamaan dengan pelaksanaan kegiatan upacara hari Senin (14/10).

Materi wawasan kebangsaan disampaikan Dandim 0616/Indramayu, Letkol CZI Aji Sujiwo SH MSi melalui Danramil 1615/Haurgeulis, Kapten Inf Nakromin yang sekaligus bertindak sebagai pembina upacara.

Turut hadir Babinsa Desa Wanakaya, Sertu Darwan S, Kepala SMPN 3 Haurgeulis Misriyah MPd bersama dewan guru dan staf TU.

Sebelum menyampaikan pemaparan soal wawasan kebangsaan dan bela negara, Danramil terlebih dahulu memperkenalkan institusi TNI di hadapan para siswa. TNI membuka kesempatan kepada putra-puteri terbaik Indonesia untuk menjadi prajurit. Sistem rekrutmen calon prajurit TNI dilaksanakan secara profesional, terbuka dan transparan.

Menjadi prajurit TNI, lanjut dia, ada kebanggaan tersediri. Sebab, menjaga kedaulatan bangsa dan negara dari berbagai rongrongan luar. Dan itu adalah bentuk bela negara. Namun, bela negara tidak harus menjadi tentara. Menjadi siswa berprestasi pun adalah bentuk cinta tanah air.

“Kita memotivasi mereka untuk menjadi siswa yang cerdas, berprestasi, supaya ke depannya, bangsa dan negara menjadi hebat. Untuk mencapai prestasi, kita dorong anak-anak memiliki disiplin yang kuat,” katanya usai kegiatan.

Pembekalan ini bertujuan untuk menamankan nilai-nilai kebangsaan bagi para siswa sebagai generasi penerus bangsa. Pihaknya memandang penting upaya itu dilakukan mengingat tantangan yang dihadapi mereka nanti semakin berat.

“Kami berusaha menanamkan nilai-nilai positif agar adik-adik kita terhindar dari berbagai pengaruh buruk yang dapat merusak mental dan karakter mereka. Mengokohkan mental generasi muda adalah tugas dan tanggungjawab bersama. Termasuk kami yang berusaha mewujudkannya dengan berbagai pendekatan. Salah satunya lewat kegiatan pembekalan seperti ini,” tandasnya. (kho)

 

News Feed