oleh

Bhakti IBI, Gelar Pemeriksaan Reproduksi

INDRAMAYU – Peringatan HUT ke-68 Ikatan Bidan Indonesia (IBI), di cabang Indramayu, digelar acara Bhakti IBI dengan menggelar pemeriksaan. Yakni, pemeriksaan Inspeksi Visual Asam asetat (IVA) Test, pemasangan KB IUD, dan Inplant di UPTD Puskesmas Jatibarang, Senin (14/10). Dalam Bhakti IBI Cabang Indramayu, ditargetkan 2.450 warga yang ikut pemeriksaan IVA Test.

Kegiatan yang dimotori IBI Ranting Jatibarang dan Ranting Karangampel, dibuka secara langsung Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, dr Deden Boni Koswara MM. Dihadiri DPPKB, ketua IBI Cabang Indramayu, dan pengurus IBI Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, Deden menyampaikan, di usia 68 tahun, IBI menunjukkan kematangan dan memacu bidan-bidan jauh lebih profesional dari sebelumnya. Dengan tema Bidan Melindungi Hak Reproduksi Melalui Pemberdayaan Perempuan dan Optimalisasi Kebidanan, kata dia, ibu-ibu bisa merasa nyaman kapan bisa menentukan masa kehamilan, serta lebih mendapatkan pelayanan kesehatan yang memadai.

“Saat ini, yang masih jadi PR, menurunkan angka kematian ibu (AKI), angkat kematian bayi (AKB), dan stunting. Semoga dengan mengikutsertakan peran serta masyarakat lewat pemberdayaan perempuan, bisa mempercepat program-program kesehatan di Kabupaten Indramayu,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia, Hj Uswatun Hasanah SST SKm MHKes didampingi sekertaris kegiatan Hj Wachyuningsih SST mengatakan, Bhakti IBI terlaksana sejak awal bulan Oktober 2019 dengan mengadakan pemeriksaan IVA Test, pemasangan KB IUD dan Inplan secara serentak di 49 puskesmas yang ada di Kabupaten Indramayu dengan menargetkan 2.450 pasien. “Target di setiap puskesmas minimal 50 orang yang memeriksakan diri,” ucapnya.

Dikatakan Uswatun, Bhakti IBI menjadi upaya pemantapan peran bidan dalam melindungi hak reproduksi. Bertujuan pemeriksaan IVA Test untuk mendeteksi secara dini kanker serviks yang dapat menyerang kaum perempuan, termasuk ibu hamil.

“Kegiatan pelayanan IVA Test dapat meningkat kesehatan reproduksi. Sehingga, dengan deteksi dini melalui IVA Test, ibu melahirkan kondisinya sehat, selamat, dan bayi yang dilahirkan pun sehat,” terangnya.

“Bersama membangun Indramayu, IBI Cabang Indramayu siap mendukung pembangunan di segi kesehatan dan segi lainnya. Dengan bekerjasama lintas sektoral ini, AKB dan AKI di Indramayu diharapkan bisa menurun,” imbuhnya. (oni)

 

 

 

News Feed