oleh

Bangun Jembatan Gantung, Permudah Akses Warga

INDRAMAYU– Penduduk di Desa Wanakaya, Kecamatan Haurgeulis semringah. Pasalnya, tak lama lagi mereka bakal menikmati mudahnya akses menuju lahan pertanian yang berada di seberang Sungai Cipunegara.

Itu setelah dimulainya pembangunan jembatan gantung yang menghubungkan Desa Wanakaya dengan Desa Sidajaya, Kecamatan Pusakanegara, Kabupaten Subang.

“Tiang pancangnya sudah dibangun, progresnya sekitar 30 persen. Diharapkan tahun ini juga selesai,” kata Camat Haurgeulis Rory Firmansyah SSTP MSi saat memonitor pelaksanaan pembangunan jembatan gantung bersama Forkompimcam dan Kuwu Desa Wanakaya Sunadi, Senin (14/10).

Didanai APBN, panjang jembatan gantung diperkirakan mencapai 100 meter. Memiliki lebar 2 meter, jembatan gantung diperuntukan bagi pejalan kaki dan sepeda motor untuk memudahkan mobilitas warga dan para petani.

Sebelumnya, akses antardua desa itu selama ini menggunakan rakit. Apabila air sungai meluap, warga terpaksa memutar ke jembatan Cipunegara yang jaraknya mencapai 5 kilometer.

“Memang prioritasnya untuk akses petani. Karena banyak warga Desa Wanakaya yang punya sawah di seberang Sungai Cipunegara. Jadi  kehadiran jembatan ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat sini,” kata dia.

Menurut Camat Rory, banyak manfaat yang dirasakan oleh masyarakat di Desa Wanakaya maupun Desa Sidajata, Subang dengan keberadaan jembatan gantung. Di antaranya meningkatkan ekonomi masyarakat desa, memperbaiki konektivitas antardesa, dan menekan biaya transportasi petani saat mengangkut hasil panen.

“Tujuannya memang untuk peningkatan ekonomi, efektivitas waktu, dan biaya. Masyarakat yang tadinya harus berkeliling sekian kilometer, cukup menyebrang dengan waktu relatif singkat, mengangkut hasil pertanian tidak terlalu lama. Jadi ada efektivitas waktu dan biaya,” terangnya. (kho)

News Feed