oleh

MPS Smantulis Gelar Sidang MPK 2019 untuk Bahas Sejumlah Agenda

INDRAMAYU-Mengedukasi proses demokrasi peserta didik, SMA Negeri 1 Haurgeulis (Smantulis) memfasilitasi Majelis Perwakilan Siswa (MPS) menggelar Sidang Majelis Perwakilan Kelas (MPK), Sabtu (12/10).

Diikuti peserta dari pengurus OSIS, delegasi setiap kelas serta perwakilan seluruh ekstrakurikuler, sidang MPK mengagendakan sejumlah kegiatan.

Diantaranya penyampaian laporan pertanggung jawaban (LPJ) pengurus OSIS masa bakti 2018/2019, perumusan AD/ART, GBHO, MKO dan pembentukan Komisi Pemilihan OSIS (KPO)

Kepala Smantulis, Ambar Triwidodo SPd menjelaskan, Sidang MPK merupakan bagian dari proses pembelajaran peserta didik dalam sebuah alam keterbukaan berpendapat dengan mengedepankan nilai-nilai karakter.

“Ini bagian dari pendidikan proses demokrasi di sekolah. Supaya peserta didik sebagai generasi milineal memahami dan menghargai perbedaan, serta mampu mengakomodir serta menyalurkan aspirasi dari seluruh civitas akademika untuk disampaikan pada forum musyawarah,” terang Ambar Triwidodo.

Pembina OSIS Asep Andri Astriyandi, MPd menerangkan, Sidang MPK merupakan agenda tahun dalam regenerasi kepemimpinan organisasi intra sekolah. Kegiatan ini bertujuan selain melatih sikap kepemimpinan juga melatih cara berkomunikasi mengemukakan pendapat dalam sebuah forum resmi dengan mengedepankan asas musyawarah sebagai pengamalan dari sila ke-4.

“MPK ini memiliki peran penting dalam melatih, mendidik dan sebagai pembelajaran peserta didik menghargai perbedaan pendapat dalam sebuah proses demokrasi. Kedepannya diharapkan mereka menjadi individu-individu yang demokratis, dan itu harus terus dilatih dengan mengoptimalkan peran organisasi-organisai siwa di sekolah,” terangnya. (kho)

News Feed