oleh

Luncurkan Layanan Samsat Night

INDRAMAYU- Kantor Pusat Pengelolaan Pendapatan Daerah (P3D) Wilayah Indramayu I meluncurkan program Samsat Night. Layanan spesial ini telah dibuka bersamaan dengan pembukaan event Pameran Pembangunan Hari Jadi Kabupaten Indramayu ke-492, Senin (7/10) kemarin, di GOR Singalodra.

“Layanan Samsat Night ini merupakan program khusus dari Samsat Indramayu untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat. Wajib pajak bisa memperpanjang STNK tahunan dan pengesahan pajak kendaraan bermotor (PKB) di mobil unit Samsat Keliling di lokasi Pameran Pembangunan,” terang Kepala P3D Wilayah Indramayu 1, Dr Endang Sobirin SSOs MSi kepada Radar Indramayu, Rabu (9/10).

Dia menjelaskan, Samsat Night sengaja diadakan demi memberikan layanan ekstra bagi warga yang ingin memperpanjang STNK sambil mengunjungi lokasi pameran pembangunan. Menyasar pemohon yang tidak memiliki waktu luang untuk melakukan pengurusan pada jam kerja.

“Sengaja mengambil tempat dipusat keramaian agar masyarakat dapat dengan mudah menunaikan pembayaran pajak kendaraan bermotor lewat layanan jemput bola,” jelasnya.

Layanan Samsat Night ini dibuka mulai pukul 16.00 hingga jam 21.00 WIB sampai dengan berakhirnya event Pameran Pembangunan Jumat (18/10) nanti. Disediakan marchindes menarik dan doorprize dari Samsat Indramayu di panggung utama.

“Lewat layanan Samsat Night ini, selain memberi pelayanan agar memudahkan wajib pajak, juga mengoptimalisasikan penerimaan daerah. Kalau biasanya kami layani pada pagi sampai siang hari. Tapi khusus layanan Samsat Night ini kami buka layanan Samsat Keliling dari sore sampai malam hari,” papar Endang Sobirin.

Selama tiga malam terakhir, pihaknya mengklaim animo warga membayar pajak kendaraan cukup tinggi karena dilakukan sangat cepat dan simpel, asalkan surat-surat kendaraan serta persyaratan lainnya lengkap.

“Dengan adanya Samsat Night sangat membantu wajib pajak tepat waktu. Ketika ada kesibukan siang hari, maka dapat dilakukan malam hari. Hasilnya tidak hanya memudahkan wajib pajak, namun juga mendukung pencapain target pajak,” ulasnya.

Bupati Indramayu, Drs H Supendi MSi mengapresiasi adanya layanan Samsat Night guna mempermudah masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor. Khususnya wajib pajak yang sedang menikmati kunjungan Pameran Pembangunan Hari Jadi.

Menurutnya, sebagai warga negara membayar pajak adalah sebuah kewajiban. Apalagi bagi aparatur pemerintah maupun masyarakat pemilik kendaraan yang pastinya memiliki kemampuan untuk membayar pajak.

Terlebih saat ini untuk memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan Samsat Indramayu melakukan beragam terobosan, salah satunya memberikan pelayanan keliling pada malam hari.

“Dengan membayar pajak dapat membantu pemerintah mendorong pembangunan di segala bidang, termasuk di Kabupaten Indramayu. Karena semakin besar pajak yang dihimpun, maka semakin besar pula anggaran untuk pembangunan di daerah kita,” jelasnya. (kho)

News Feed