oleh

Kontraktor Perbaiki Tanggul Ambles Pakai Dana Talangan Perusahaan, Target Dua Bulan Selesai

INDRAMAYU-Warga Blok Rengaspayung, Desa/Kecamatan Kertasemaya bisa benafas lega. Pasalnya, Kontraktor dari PT Tubagus Rangin, Selasa (8/10), mulai mengerjakan perbaikan tanggul yang ambles sejak empat bulan lalu.

Pantauan wartawan koran ini di lapangan, alat berat beko sudah mulai melakukan mengeruk tanah yang ambles di sekitar tanggul yang dampaknya sudah masuk ke pemukiman warga. Alat pancang juga sudah terlihat terpasang di bantaran sungai.

Humas PT Tubagus Rangin, Munadi mengatakan, perbaikan tanggul ambles merupakan penanganan bencana. Menurutnya,  PT Tubagus Rangin ditunjuk Kemeterian PUPR Dirjen Sumber Daya Air (SDA) Balai Besar Wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung (BBWSCC) sebagai kontraktor yang melakukan perbaikan tanggul sampai kembali aman.

“Pengerjaan sejak kemarin, baru tahap pengerukan tanah, karena kondisi tanah masih labil, digali terlebih dulu, dan pemasangan besi sebagai alat untuk memancang bantaran sungai,” ucap Munadi saat ditemui Radar Indramayu di lokasi pengerjaan.

Dalam kesempatan itu, Munadi menyampaikan, pengerjaan perbaikan tanggul di Blok Rengaspayung tidak disertai papan informasi pengerjaan, karena merupakan dana talangan dari pihak kontraktor sepenuhnya.

“Dana APBN di tahun 2019 sudah tidak ada untuk perbaikan darurat. Jadi semuanya dibiayai PT dulu, nanti kalau selesai bersama-sama dihitung biayanya antara kontraktor dengan BBWSCC,” bebernya.

Sedangkan untuk lama pengerjaan, Munadi tidak bisa memastikan kapan dapat rampung, namun diprediksi dalam waktu dua bulan pengerjaan pemancangan tanggul dan pengurugan tanggul bisa selesai. “Dua bulan mudah-mudahan selesai, jangan sampai warga terus dihantui rasa cemas, untuk keselamatam warga juga,” terang Munadi.

Sementara itu, Kuwu Kertasemaya Novanita mengatakan, perbaikan tanggul mulai dikerjakan pihak kontraktor. Sebagai pemerintah desa, dan mewakili masyarakat Blok Rengaspayung, perempuan berkerudung yang akrab disapa Nova ini, menyambut baik, dan akan ikut membantu agar proses perbaikan tanggul ambles bisa berjalan lancar.

Nova berharap, proses perbaikan tanggul penanganan bencana bisa selesai dengan hasil yang maksimal, sehingga warga tidak lagi cemas, terutama warga yang terkena dampak langsung amblesnya tanggul bisa merasa aman kembali.

“Saya berterimakasih kepada semua stakeholder yang ikut serta berupaya membantu masyarakat kami. Semoga bisa berjalan lancar dan hasilnyapun sesuai harapan masyarakat kami,” tukasnya. (oni)

News Feed