oleh

Pemkab Pecahkan Rekor MURI

INDRAMAYU-Kabupaten Indramayu berhasil menorehkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesa) untuk dodol mangga terpanjang di dunia, dengan panjang 120 meter.

Piagam Rekor MURI diserahkan langsung oleh Senior Manager MURI, Ariyani Siregar kepada Wakil Bupati Indramayu H Taufik Hidayat SH MSi, Rabu (2/10), bersamaan dengan Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-39 tingkat Provinsi Jawa Barat di Lapangan Atletik Sport Indramayu. Uniknya, dodol mangga sepanjang 120 meter tersebut membentuk tulisan Hari Pangan Sedunia.

Wakil Bupati Indramayu, Taufik Hidayat mengatakan, kegigihan pelaku UMKM dan juga Pemkab Indramayu dalam mengangkat kualitas mangga gedong gincu terus dilakukan. Salah satunya dengan melakukan inovasi olahan pangan berupa aneka produk olahan mangga . Selanjutnya, dengan telah dicatatnya prestasi itu, Taufik berharap, agar mangga Indramayu semakin go public dan semakin banyak dicari oleh masyarakat.

Sementara itu, Kasi Kerawanan Pangan pada Dinas Ketahanan Pangan dan Penyuluhab Pertanian, Imam Mahdi menjelaskan, Pemkab Indramayu memiliki gagasan untuk mencetak rekor MURI, bertepatan dengan Peringatan Hari Pangan Sedunia ke-39 tahun 2019 tingkat Jawa Barat yang dipusatkan di Indramayu.

“Karena ini peringatan Hari Pangan Sedunia, jadi memang harus ada rekor yang mendunia. Lalu kami memilih untuk membuat dodol mangga terpanjang, karena mangga merupakan salah satu produk unggulan Indramayu,” jelas Imam kepada Radar Indramayu.

Dijelaskan Imam, pembuat dodol mangga tersebut adalah Kasturi, pengusaha UMKM dodol mangga dari Desa Pawidean Kecamatan Jatibarang. Karena selama ini Kasturi cukup kondisten dalam memproduksi dodol mangga. Dodol mangga tersebut merupakan produk unggulan tanpa pengawet. Rasanya khas dengan aroma mangga gedong gincu.

“Harapan kami dengan rekor MURI dodol mangga terpanjang di dunia, akan semakin mengangkat keberadaan mangga sebagai produk unggulan Indramayu,” tegas Imam. (oet)

News Feed