oleh

Pawai Kirab Pusaka Sedot Perhatian Warga

INDRAMAYU- Kirab pusaka cakra udaksana yang digelar Pemerintah Kabupaten Indramayu disambut baik masyarakat Indramayu. Pasalnya, kirab pusaka dalam memperingati HUT ke-492 Kabupaten Indramayu itu hanya digelar sekali dalam setahun. Dalam kirab itu, warga dapat melihat secara langsung benda pusaka Raden Arya Wiralodra.

Rombongan tim kirab sebanyak  60 orang terdiri dari juru rawat pusaka Raden Arya Wiralodra, Dishub Kabupaten Indramayu, PMI, KNPI Kabupaten Indramayu, Pemuda Pancasila Kabupaten Indramayu, LMPI Kabupaten Indramayu dan Komunitas COMIC Riders Indramayu, mampu menyedot perhatian masyarakat Jatibarang dan sekitarnya.

“Momen yang langka, saya dan masyarakat Jatibarang hanya bisa melihat secara langsung benda pusaka dari Raden Arya Wiralodra, Cakra Udaksana yang melegenda,” ucap warga Jatibarang, Abdurrohim (54).

Dikatakan Abdurrohim, benda pusaka bukan hanya menjadi kebanggaan pemerintah daerah saja, melainkan menjadi kebanggaan masyarakat pribumi Indramayu.

Sehingga, dengan melihat secara langsung benda pusaka Raden Arya Wiralodra, warga Indramayu semakin mengenal benda-benda pusaka yang ada di Kabupaten Indramayu.

“Kami bisa melihat secara langsung benda-benda pusaka yang masih terawat dengan baik,” ujarnya.

Warga lainnya, Nuradi (60) mengatakan, sebagai masyarakat Indramayu, kirab pusaka adalah hal yang paling dinantikannya. Dia beralasan, kirab pusaka bisa memberikan edukasi kepada masyarakat Indramayu.

“Paling penting bagi generasi muda, yang jarang sekali pergi ke tempat pusaka, di momen hari jadi setiap tahunnya anak-anak bisa tahu benda-benda pusaka yang khas dari Indramayu,” ujarnya. (oni)

News Feed