oleh

Camat Bongas Gencar Cegah Stunting, Ajak Ibu Hamil untuk Jaga Asupan Gizi Bayi

INDRAMAYU-Ibu hamil (bumil) diingatkan untuk benar-benar menjaga asupan untuk pemenuhan gizi bayi guna mencegah kasus kekerdilan pada anak alias stunting.

Demikian pula kepada ibu-ibu yang memiliki anak bayi usia di bawah lima tahun (balita) agar menjaga asupan gizi karena sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak nantinya.

“Asupan gizi bagi bumil dan balita itu penting sekali karena ini menyangkut perkembangan anak-anak kita di masa yang akan datang,” ucap Camat Iing Kuswara saat memonior pelayanan Posyandu di Desa Cipaat, kemarin.

Dia merasa perlu mengingatkan, lantaran permasalahan pemenuhan gizi biasanya dikarenakan ketidaktahuan dan kesadaran masyarakat yang kurang terhadap informasi dan edukasi.

Di sisi lain, tidak terpenuhinya gizi pada janin akan melahirkan anak yang stunting atau mengalami kekerdilan fisik maupun kemampuan otak yang rendah. “Kalau gizinya baik anak kita akan sehat, pintar dan cerdas,” ujarnya.

Camat Iing menegaskan, perbaikan gizi masyarakat, khususnya dalam mengatasi masalah stunting telah menjadi komitmen Pemerintah Kecamatan Bongas.

Kendati bukan termasuk satu dari 8 kecamatan yang akan menjadi lokus perhatian intervensi kegiatan percepatan stunting, Pemcam bersama stakeholder terkait turut bertanggungjawab jawab atas pencegahan dan penanggulangan stunting di wilayahnya.

Untuk itu, pihaknya bersama UPTD Puskesmas Bongas perlu memastikan program lintas sektor dilaksanakan secara konvergen dan efektif.

Stunting sendiri adalah masalah pembangunan yang kompleks dan terkait dengan kemiskinan, kelaparan dan kurang gizi, kesehatan ibu dan anak, penyakit, pendidikan, kondisi lingkungan dan sanitasi, serta keamanan pangan dan gizi.

“Karena itu penanggulangan stunting memerlukan kerja sama lintas sektor. Tidak hanya pemerintah dan dinas kesehatan, tapi semua elemen,” tandasnya. (kho)

News Feed