oleh

Antisipasi Banjir, Warga Bersihkan SPAL

INDRAMAYU- Untuk mengatisipasi terjadinya limpasan air di musim hujan, warga Kompleks GA Desa Pilangsari Kecamatan Jatibarang ramai-ramai membersihkan saluran pembuangan air limbah (SPAL), Minggu (29/9).

Humas Kompleks GA, Fauzi mengatakan, giat opsih yang diinisiasi warga setelah melihat kondisi saluran pembuangan yang sudah mulai kurang terawat, dan tidak pernah dilakukan pengurasan. Sehingga, lanjutnya, aliran air pembuangan tersumbat dikhawatirkan saat tiba musim penghujan air limbah limpas ke jalan dan pemukiman.

“Ya kan tahu sendiri kondisi kompleks bagaimana, apalagi ini kan jelang musim penghujan, peranan SPAL sangat penting agar air dari pemukiman dan air hujan bisa mengalir normal,” ucap Fauzi.

Menurutnya, membersihkan dan pengurasan SPAL dari sampah dan tanah merupakan langkah pertama yang dilakukan warga untuk menghadapi tibanya musim penghujan. Gerakan cepat yang diambil warga, sebagai wujud kepedulian warga terutama warga yang tinggal paling ujung rumah menjadi tumpuan akhir air limbah.

“Jangan sampai rumah warga kita paling ujung lokasinya paling rendah tergenang air limbah, sedangkan namanya air limbah pasti mengeluarkan bau tidak sedap. Karena itulah semua warga berkumpul bersama-sama membersihkan saluran,” ujarnya.

Sementara itu, Seksi Kebersihan Mita mengatakan,  warga berhasil mengangkat sampah dari dalam saluran dan bahan meterial seperti batu, dan tanah, yang menjadi penyebab saluran mengalami pendangkalan. Selain itu, pihaknya membuka aliran saluran baru agar air tidak diam dan menggenangi tanah kosong yang berpotensi menjadi tempat perkembangan nyamuk.

“Dominan sampah plastik bekas makanan ringan, dan minuman. Kami bersihkan semuanya, jangan sampai saat musim hujan tiba terjadi genangan baru ada gerakan, untuk mencegah air jangan sampai genangi jalan dan pemukiman warga kami lakukan gebrakan giat antisipasi,” ujar Mita. (oni)

News Feed