oleh

Akalamasi, Dulkornen Pimpin Kelompok Ternak

INDRAMAYU-Desa Sumuradem Kecamatan Sukra, akhirnya memiliki kelompok tani ternak. Itu setelah, sebanyak 25 peternak itik dan kambing sepakat membentuk kelompok Sumber Ternak Jaya.

Musyawarah bertempat di aula DTA Khifdil Ilmi Sumuradem serta ikut dihadiri Pemerintah Desa Sumuradem, PPL dan jajaran Dinas Pertanian Kecamatan Sukra itu juga sepakat secara aklamasi memilih Dulkornen SPdI MM sebagai ketuanya.

“Insya Allah dengan terbentuknya kelompok Sumber Ternak Jaya ini, peternak yang ada di Desa Sumuradem mampu menciptakan peluang usaha sebagai tambahan penghasilan sehingga dapat mensejahterakan keluarga dan masyarakat,” harap Dulkornen.

Namun demikian, pihaknya meminta terbentuknya Kelompok Sumber Ternak Jaya perlu dibina dan diberdayakan lebih lanjut agar dapat berkembang secara optimal. “Pemberdayaan dan penguatan kelembagaan petani merupakan salah satu faktor penting yang menentukan keberhasilan membangun sistem dan usaha agribisnis di satu wilayah,” katanya.

Menurutnya, sistem dan usaha agribisnis dapat tumbuh dan berkembang dengan baik apabila kelembagaan petaninya kuat untuk mencapai tujuan bersama secara lebih efisien.

“Kita tidak ingin terbentuknya kelompok tani ternak ini hanya bersifat dadakan, yang hanya aktif pada saat-saat tertentu. Maka, pemberdayaan kelembagaan merupakan keharusan guna meningkatkan daya adaptasi dan inovasi anggota kelompok,” jelasnya.

Sedangkan, Ketua Koordinator PPL Sukra, Khasan SP berjanji, akan terus melakukan pendampingan secara berkesinambungan. Baik penguatan kelembagaan mapun realisasi kegiatannya.

“Kami optimis, terbentuknya kelompok Sumber Ternak Jaya ini akan mampu mensejahterakan anggotanya lewat inisiatif dan kreatifitasnya dalam berwirausaha di bidang pertanian dan peternakan,” katanya.

Senada disampaikan Kepala UPTD Pertanian Sukra, Dr Misna B SPd STP MMPd. Pihaknya sangat mendukung dan merespons pembentukan kelompok Sumber Ternak Jaya sekaligus mengapresiasi segala ide kreatif masyarakat. (kho)

 

 

News Feed