oleh

Jaga Kamling Perkuat Peran Satuan Linmas

INDRAMAYU – Pemerintah Kecamatan Bongas menggencarkan pembinaan terhadap satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas). Tujuannya, guna meningkatkan peran dan kemampuan lebih khususnya dalam menjaga keamanan lingkungan di masyarakat.

Camat Bongas, Iing Kuswara SSTP MSi menuturkan, satuan Linmas memiliki peran penting terutama bagi masyarakat di wilayah pedesaan. Mereka memiliki tanggungjawab untuk membantu dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. Semisal, dalam hal penanggulangan bencana dan menjaga keamanan, ketentraman, dan ketertiban.

“Peran Linmas sangat membantu pemerintah. Makanya, saat ini kami berupaya meningkatkan kembali kualitasnya, baik dari sisi kedisipilan hingga loyalitas terhadap keamanan lingkungan,” kata dia kepada Radar Indramayu, kemarin (27/9).

Upaya yang dilakukan yakni dengan memberikan pembekalan dan pelatihan kepada 16 perwakilan satuan Linmas dari 8 desa se-Kecamatan Bongas. Tujuannya untuk meningkatkan kedisiplinan, kekompakan, serta keterampilan khususnya dalam hal baris-berbaris yang digembleng oleh instruktur dari Koramil Kandanghaur.

“Sejauh ini ada 16 anggota Linmas yang digembleng. Masing-masing dua orang perwakilan dari semua desa di Kecamatan Bongas. Kegiatan ini sekaligus pula dengan persiapan untuk mengikuti Lomba Keterampilan Baris Berbaris  tingkat Kabupaten Indramayu menyemarakkan Hari Jadi ke-492 Bumi Wiralodra,” terang Camat Iing.

Kepada para peserta, pihaknya mengajak agar anggota Linmas lebih peka terhadap kondisi lingkungan dengan mewaspadai tamu asing atau orang asing yang datang di lingkunganya. Hal ini sebagai wujud peran aktif Linmas dalam usaha deteksi dini dan cegah dini terhadap kemungkinan tindakan yang menganggu keamanan dan ketertiban desa. (kho)

News Feed