oleh

BUMDes Dongkrak Ekonomi Desa

-Headline, Indramayu-1.079 views

INDRAMAYU-Untuk mendorong perekonomian masyarakat, Pemerintah Desa Kalensari, Kecamatan Widasari berikan permodalan lebih besar pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hal itu diungkapkan Kuwu Kalensari, H Maroni saat ditemui awak media diruang kerjanya, Selasa (24/9)

Menurut Masroni, BUMDes memiliki peranan penting dalam membangun dan mengembangkan perekonomian masyarakat desa.

Melihat sangat pentingnya membangun perekonomian masyarakat, katanya, membuat pemerintah desa memberikan bantuan permodalan lebih besar di tahun 2019 dibandingkan tahun sebelumnya.

“Pemdes sudah anggarkan Rp200 juta untuk pengembangan usaha BUMDes. Di tahun ini, jumlah itu lebih besar dari tahun sebelumnya, dikelolah sepenuhnya oleh BUMDes,” kata Masroni.

Dikatakannya, membangun perekonomian masyarakat desa mudah, seperti membangun infrastruktur fisik desa semata, yang jelas ukuran bentuk dan volumenya, tetapi perekonomian perlu usaha keras dan mambutuhkan waktu cukup lama.

“Butuh waktu, inilah jadi tugas dan fungsi dari BUMDes bagaimana cara agar perekonomian desa bisa bangkit, bisa berdampak kemajuan di sektor perekonomian masyarakat, apalagi indikator naiknya perekonomian desa tidak kasat mata,” ujarnya.

Namun, lanjut Masroni, ada beberapa hal yang menandakan perekonomian masyarakat desa mulai membaik, seperti ada perubahan perilaku kebiasaan masyarakat yang konsumtif selalu membeli barang dari luar desa, mulai beralih membeli produk hasil desa sendiri.

“Bidang usaha BUMDes nantinya menyediakan semua kebutuhan masyarakat sehingga perputaran uang berjalan di dalam desa, dari desa, untuk desa, dan bagi masyarakat desa,” ujarnya. (oni)

 

News Feed