oleh

Lima Balon Bupati Mendaftar di PDI Perjuangan

INDRAMAYU – Bursa bakal calon Bupati Indramayu mulai menghangat. Terlebih setelah PDI Perjuangan membuka penjaringan balon bupati. Sejumlah nama mulai bermunculan. Hingga hari terakhir pendaftaran, Jumat (20/9) siang, tercatat ada lima orang yang sudah mengambil formulir pendaftaran bakal calon bupati.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang PDI Perjuangan Kabupaten Indramayu , H Sirojudin SP mengatakan, sejak awal September ini partainya telah membuka pendaftaran bakal calon bupati.

Hingga menjelang akhir penutupan pendaftaran, sudah ada lima orang yang mendaftar. Mereka berasal dari berbagai kalangan mulai dari polisi hingga pengusaha. Kelima orang tersebut adalah Edi Masyudi, H Suwarto, Raden Inu Danubaya, AKBP Ali Sadikin SH MAP, dan Rd Subrata.

“Sesuai agenda, penutupan pendaftaran dilaksanakan pada Jumat 20 September ini pukul 24.00,” kata Sirojudin.

Dia menambahkan, nama-nama tersebut akan segera diserahkan kepada pengurus di dewan pimpinan daerah dan pusat. “Kita akan segera membuat laporan tertulis mengenai bakal calon bupati yang telah mendaftar tersebut,” ujarnya.

Tahapan selanjutnya, pengurus di tingkat pusat akan melakukan survey terhadap kelima calon. Survei penting dilakukan untuk melihat tingkat elektabilitas para bakal calon. Sementara itu, pengurus di tingkat cabang akan menunggu keputusan dari DPD dan DPP.

Ditambahkan, DPC hanya bertugas melakukan penjaringan saja. Untuk persoalan keputusan tetap ada di tangan DPP. Meski pendaftaran ditutup pada Jumat malam, para bakal calon masih bisa mendaftar.

Pendaftaran bisa langsung dilakukan di pengurus DPD dan DPP. “Yang pasti kewenangan sudah tidak ada lagi di DPC,” ungkapnya.

Sirojudin menambahkan, pemilihan bakal calon akan dilakukan ketat. Partai nantinya akan melihat visi misi yang dibawa dari setiap bakal calon, apakah sesuai dengan partainya atau tidak.

Sementara itu PDIP harus berkoalisi dengan partai lainnya, untuk bisa mengusung calon bupati dan wakil bupati. Sebab pada pemilu legislatif kemarin PDIP hanya meraih 7 kursi. Diperlukan sebanyak 3 kursi lagi untuk bisa mengajukan calon sendiri. Sirojudin mengatakan, dirinya telah membangun komunikasi dengan semua partai terkait kemungkinan koalisi. (oet)

News Feed