oleh

IGTK-Himpaudi Bongas Menggelar Manasik Haji

-Indramayu-398 views

INDRAMAYU-IGTK-Himpaudi Kecamatan Bongas menggelar kegiatan manasik haji, Senin (16/9). Sebanyak 600 peserta didik dari 17 lembaga TK dan PAUD se-Kecamatan Bongas ikut serta pada kegiatan yang berpusat di Lapangan Sepakbola Sinar Jaya Desa Margamulya.

Bupati Indramayu Drs H Supendi MSi mengapresiasi kegiatan manasik haji untuk menanamkan karakter religius terhadap anak usia dini, sekaligus mengenalkan rukun Islam yang kelima, yakni menjalankan ibadah haji.

“Karakter religius kepada anak usai dini harus kita tanamkan terus menerus supaya ke depannya anak-anak kita bisa dibekali ilmu agama yang kuat,” jelasnya saat membuka acara.

Pihaknya berharap, kegiatan manasik haji maupun praktek ibadah lainnya terus dilakukan secara berkala oleh stake holder pendidikan di Kecamatan Bongas.

Sebab, menurutnya, ibadah perlu proses pembiasaan, salah satu contohnya dengan adanya kegiatan manasik haji bagi kalangan anak-anak. “Nantinya, selepas kegiatan akan timbul kecintaan dan harapan Insya Allah mereka bisa melaksanakan haji ke Baitullah. Dan saya yakin kegiatan manasik haji ini berdampak positif pada perkembangan anak terutama dari sisi keagamaannya,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Koniah didampingi Sekretaris Kurti Rahayu SPd AUD menjelaskan, materi manasik haji antara lain memberikan pembelajaran kepada anak-anak mulai dari bagaimana memakai baju ihram, kemudian tawaf, sai, dan wukuf di Arafah.

“Semuanya kita ajarkan secara urut dengan dipandu instruktur dari KBIH Annahdiyah Lempuyang,” kata Koniah didampingi bendahara Atit Dwi Rahmawati SPd dan Dewi Suci.

Pihaknya bersyukur, acara ini mendapatkan dukungan dari Pemerintah Kecamatan Bongas, Pemdes Margamulya, KWBPP Bongas, Kantor KUA, kepolisian, TNI dan TK-PAUD se-Kecamatan Bongas.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak. Harapan kedepan terus melakukan syiar Islam dan lebih banyak dukungan lagi,” pungkasnya. (kho)

 

News Feed