oleh

SDN 5 Dadap Gagas Sekolah Bersih

-Indramayu-273 views

INDRAMAYU- Sejumlah inovas dilakukan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Sekolah Dasar Negeri 5 Dadap Kecamatan Juntinyuat. Salah satunya dengan melaksanakan program Sekolahku Bersih yang sekarang terus dikembangkan.

Kepala UPTD SDN 5 Dadap Sudirjo SPd menjelaskan, program Sekolahku Bersih digagas untuk menanamkan pola hidup bersih dan sehat kepada siswa sejak dini.

Dengan kebiasaan yang ditanamkan sejak dini, siswa diharapkan akan bisa menerapkan pola dan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.

“Pola hidup yang bersih dan sehat harus ditanamkan sejak dini. Tidak hanya di sekolah, namun juga diterapkan di lingkungan rumah masing-masing dalam kesehariannya,” ungkapnya kepada Radar Indramayu, belum lama ini.

Ditambahkan Sudirjo, kegiatan yang satu ini tidak hanya dilakukan oleh siswa peserta didik. Tenaga pendidik pun, diwajibkan untuk turut serta dalam kegiatan ini.

“Guru adalah panutan yang digugu dan ditiru oleh siswa. Makanya kita juga harus bisa memberikan contoh yang baik kepada mereka, dengan cara terjun langsung bersama siswa melaksanakan kegiatan bersih-bersih,” imbuhnya.

Sekolahku bersih, lanjutnya, sengaja dilaksanakan bergiliran setiap hari, sesuai kelas masing-masing. Hal ini bertujuan untuk menanamkan sikap kedisiplinan bagi seluruh siswa.

“Misalnya hari Senin adalah jatahnya kelas 6 untuk melaksanakan kegiatan bersih-bersih sekolah dan lingkungan sekitar sekolah. Hari-hari selanjutnya adalah untuk kelas 5, 4, 3, 2 dan kelas 1. Tanpa harus dikomandoi pun, siswa yang kelasnya mendapatkan jatah giliran akan langsung melakukan kegiatan bersih-bersih,” tegasnya. (dun)

News Feed