oleh

Resmikan KTNAmart untuk Pasarkan Produk Pertanian

-Headline-403 views

INDRAMAYU- Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Indaramayu merambah ke sektor ekonomi. Hal ini ditandani dengan meresmikan KTNAmart di Desa Sleman Kecamatan Sliyeg, kemarin (15/9). KTNAmart ini menjadi satu-satunya minimarket yang memasarkan produk olahan pertanian.

Wakil Ketua KTNA Kabupaten Indramayu, Sutatang mengatakan, KTNAmart merupakan upaya KTNA membantu memasarkan produk- produk olahan hasil pertanian di Indramayu yang selama itu hanya dipasarkan secara individual dan belum terpasarkan secara maksimal.

“Nanti produk olahan hasil pertanian dari KTNA di tiap kecamatan bisa masuk, namun produk-produk yang sudah memenuhi syarat,” ucap Sutatang saat di konfirmasi Radar Indramayu, Minggu (15/9).

Dikatakan Sutatang, ada syarat yang harus dimiliki produk olahan pertanian yang dapat masuk di pasarkan pada KTNAmart, diantaranya sudah berlebel SNI, diantaranya berlebel badan POM dan halal.

“KTNAmart dan mart-mart lainnya sama saja, tapi yang membedakannya disediakan tempat rak khusus untuk produk hasil olahan pertanian seperti sirup, dan jus olahan, buah, berbagai macam beras, dan lainnya,” ujarnya.

Menurut Sutatang, adanya tempat pemasaran produk olahan pertanian KTNAmart, dapat memacu pertumbuhan perekonomian bagi masyarakat. Sehingga, katanya, KTNA tidak sebatas mengkoordinir kegiatan atau sebagai sarana kontak tani dan nelayan se-Kabupaten, namun bisa merambah ke sektor perekonomian sebagai pengutan perekonomian masyarakat tani.

Sementara itu, Ketua KTNA Kabupaten Indramayu, Ir Dasma mengatakan, KTNAmart di Desa Sleman merupakan satu-satunya minimarket milik KTNA yang ada di Kabupaten Indramayu untuk pemasaran produk pertanian.

“Ini jadi peluang besar bagi produk-produk olahan pertanian. Bisa dipasarkan di tempat yang modern yang dapat meningkatkan nilai jual produk juga,” tukasnya.

Dasma berharap, dengan adanya KTNAmart mampu memacu bertumbuhan perekonomian di sektor pertanian, dan mampu menumbuhkan serta mengembangkan perekonomian kerakyatan yang merupakan produk-produk olahan hasil pertanian.

“KTNA terus pacu pertumbuhan ekonominya, hasil produk dari pertanian lokal ini bisa bersaing dengan produk lainnya,” terangnya. (oni)

News Feed