oleh

Pelajar Smantulis Ikuti Observasi Mapel Geografi

-Headline-644 views

INDRAMAYU-Peserta didik SMA Negeri 1 Haurgeulis (Samantulis) melaksanakan observasi mata pelajaran (mapel) geografi.

Dua tema analisis diangkat pada kegiatan observasi yang berlangsung selama seminggu mulai 7 September dan berakhir, Sabtu (14/9) itu. Siswa kelas XII mengangkat tema analisis pemahaman masyarakat mengenai pemekaran Kabupaten Indramayu.

Sedangkan bagi pelajar kelas XI, yakni analisis keanekaragaman hayati bioma mangrove di kawasan konservasi mangrove Indramayu yang difasilitasi oleh Yayasan Estuari yang bergerak di bidang pendidikan dan lingkungan.

Selama kegiatan, mereka dibimbing langsung oleh wakil kepala sekolah bidang kurikulum, Daji Abdurahman ST dan guru Geografi Asep Andri Astriyandi MPd.

“Model pembelajaran seperti ini diharapkan dapat menambah belajar siswa terkait mata pelajaran geografi dan memberitahukan bahwa pelajaran geografi bukan sekedar hafalan, namun juga banyak prakteknya,” terang Asep Andri Astriyandi.

Kegiatan observasi mapel geografi ini, lanjutnya, bertujuan mengaplikasikan dan membandingkan antara teori dengan fakta yang terjadi di lapangan.

Dipilihnya tema pemekaran daerah supaya siswa kelas XII dapat memfokuskan pada pemahaman masyarakat mengenai pemekaran wilayah. Sehingga, dampak yang akan terjadi dapat dipelajari serta menjadi analisis siswa dalam menghadapi kehidupan bermasyarakat.

Sedangkan bagi kelas XI memfokuskan pada analiais keanekaragaman hayati khas Indramayu, yaitu dengan manganalisis jenis, manfaat dan dampak pada kerusakan mangrove.

“Salah satu proses pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kompetensi peserta didik adalah melalui pembelajaran diluar kelas atau outdoor. Siswa dapat belajar secara lebih mendalam melalui objek-objek yang dihadapi daripada jika belajar di dalam kelas yang memiliki banyak keterbatasan,” tambah Daji Abdurahman. (kho)

 

News Feed