oleh

Smantulis Komitmen Wujudkan Sekolah Ramah Anak

-Headline-311 views

INDRAMAYU– Civitas akademika SMAN 1 Haurgeulis (Smantulis) berkomitmen mewujudkan sekolah yang nyaman, menyenangkan dan juara. Menjadikan kampus Smantulis sebagai rumah kedua tanpa kekerasan.

Komitmen itu diwujudkan dengan menggelar deklarasi Sekolah Ramah Anak (SRA), Jumat (13/9). Deklarasi ditandai dengan pembacaan serta penandatangan komitmen SRA oleh civitas akademika setempat.

Acara deklarasi yang dipandu oleh ketua Satgas SRA yang juga wakasek Kesiswaan Sanoto SPd MSi dan diselenggarakan oleh guru BK yang dikordinir Mardliyyah SS itu juga diwarnai dengan penyematan slempang kepada perwakilan siswa yang terpilih menjadi Duta SRA Smantulis.

Ada 8 poin komitmen Smantulis mewujudkan SRA. Yakni, mendukung terwujudnya Smantulis yang yang berilmu, berakhlak, dan berbudaya.  Melaksanakan proses pembelajaran dan penilaian berbasis proses dan otentik, serta aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan.

Kemudian terbebas dari tindakan kekerasan fisik dan non fisik, merendahkan martabat, diskriminatif, pelecehan, asap rokok dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Memberikan hak-hak peserta didik untuk mendapatkan pelayan pendidikan atau pembelajaran yang terbaik, pemanfaatan sarana dan prasarana, mengekspresikan diri melalui kegiatan ekstrakurikuler sesuai minat dan bakat.

Pelayanan Bimbingan Konseling (BK) serta pelayanan pengaduan sesuai dengan mekanisme pengaduan yang berlaku di sekolah.

Sedangkan bagi peserta didik berkewajiban menghormati orang tua, guru, menyayangi teman, mencintai tanah air, menunaikan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya, serta melaksanakan etika dan akhlak mulia.

Kepala Smantulis, Ambar Triwidodo SPd menjelaskan, deklarasi SRA merupakan bagian upaya mewujudkan Smantulis dalam menjamin seluruh hak-hak anak untuk mendapatkan layanan pendidikan dengan nyaman, baik secara fisik, lingkungan, maupun psikologi.

“Karena sekolah adalah lembaga pendidikan, jadi upaya-upaya mendidik harus ditonjolkan. Bukan menghukumnya, tapi mendidiknya. Kami berharap dukungan semua pihak mulai dari guru, murid, komite, orang tua maupun masyarakat  untuk mewujudkan Smantulis menjadi sekolah ramah anak ini,” harapnya. (kho)

 

News Feed