oleh

700 Siswa Ikuti Kemah Pramuka Kwarran Sukagumiwang

-Headline-360 views

INDRAMAYU – Sebanyak 700 siswa anggota pramuka dari 37 pangkalan Kwarran Sukagumiwang ikuti kemah pramuka, Jumat (13/9).

Bertempat di Bumi Perkemahan, Desa Tersana, Kecamatan Sukagumiwang, kegiatan kemah secara langsung dibuka ketua Kwarcab Harian, Drs Yayan Mulyantoro MM, dan dihadiri Mabiran Sukagumiwang, dan seluruh anggota Kwarran Sukagumiwang.

Dalam kesempatan itu, Yayan Mulyantoro mengatakan perkemahan gerakan pramuka menjadi wanahan dan barometer bagi oara pembina pramuka tentang sejauh mana hasil yang dicapai dari kegiatan pramuka yang dilaksanakan pada gugus depan (gudep).

“Tolok ukur, bagi para pembina pramuka di tiap-tiap gudep, sejauh mana para pembina bisa melaksanakan program pramuka di sekolah, dan bisa di evaluasi agar kegiatan pramuka di gugus depan lebih baik lagi,” kata, Yayan.

Menurut, Yayan pramuka memiliki peranan penting dalam membentuk karakter siswa lebih unggul, sehingga keberadaan gugus depan punya peran yang strategis dalam menjalankan program-program pramuka di sekolah, serta menjadi ajang silaturrahmi.

“Semoga dengan kegiatan kemah yang rutin setiap tahunnya, mampu membentuk kepribadian generasi masa depan bangsa yang disiplin memiliki jiwa nasionalisme, cinta terhadap bangsa dan negara,” tukasnya.

Sementara itu, Sekertaris Kwarran Sukagumiwang, Mabrur S PdI mengatakan dalam kemah pramuka tahun ini, sebanyak 700 peserta terdiri dari 37 pangkalan, berasal pangkalan SD sebanyak 35 pangkalan, SMP/sederajat 7 pangkalan, dan pangkalan SMA/sederajat 5 pangkalan.

Dikatakan Mabrur pada tema kemah pramuka tahun ini, Kwarran Sukagumiwang mengusung tema, membangun karakter kaum muda melalui kegiatan yang asik, keren, dan gembira  dalam wadah NKRI. Dalam kegiatannya dikemas dengan kegiatan-kegiatan yang lebih menarik, lebih aktif, interaktif, dan menyenangkan.

“Semua tingkatan dari siaga, penggalang, dan penegak. Kegiatannya pun jauh lebih menarik, peserta diberikan materi lalu lintas, baris berbaris, heking, dan masih banyak lagi,” ujar, Mabrur.

Mabrur mengungkapkan kegiatan kemah pramuka, merupakan sarana edukasi bagi siswa masing-masing gudep, agar lebih tangguh, menjadi pribadi yang berkarakter, unggul, terutama menjadi generasi penerus masa depan bangsa yang menjunjung nilai-nilai pancasila dan mampu mengamalkannya. Siap sedia menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (oni)

News Feed