oleh

Tanamkan Pendidikan Karakter Sejak Usia Dini

-Headline-445 views

INDRAMAYU-Tokoh pendidikan Indramayu, Drs H Nahdudin Islami MSi menilai, pendidikan karakter seharusnya sudah mulai dimasukkan saat anak pertama kali masuk pada lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD).

Sehingga, Nahdudin mengusulkan, agar instansi terkait untuk lebih memperhatikan pendidikan anak usia dini (PAUD). “Saya lihat PAUD belum mendapat perhatian lebih, padahal PAUD sangat besar pengaruhnya sebagai lembaga pendidikan dalam menanamkan nilai-nilai karakter yang saat ini terus digaungkan,” kata Nahdudin, kemarin (9/9).

Menurutnya, saat anak memasuki PAUD, sebenarnya telah memasuki masa emasnya, sehingga kemampuan anak secara kognitif, afektif sangat bagus untuk mengingat dan meniru apa yang didengar dan dilihatnya. Masa inilah, lanjut Nahdudin, akan terus mengingat apa yang dipelajarinya sampai dewasa, sehingga pendidikan karakter harus mulai diterapkan pada PAUD.

“Cermin diri sendiri saja, waktu kecil saya sering diajari menghafal, dan hafalan itu sampai sekarang masih diingat, maka sangat baik sekali apabila pendidikan karakter ditanamkan sejak anak menjalani pendidikan di PAUD,” ujarnya.

Nahdudin menaruh harapan besar kepada lembaga pendidikan anak usia dini dalam pembentukan karakter anak, yang akan berdampak pada pembentukan watak dan perilaku anak yang baik, dan berbudi luhur.

“Mewujudkan itu semua, balik lagi ke pemangku kebijakan tentunya bisa lebih memperhatikan PAUD,” ujarnya.

Terpisah, Kepala PAUD Baabul Jannah Hj Dewi mengatakan, dalam melakukan kegiatan belajar mengajar bagi para siswanya, selalu menyelaraskan dan memaksimalkan potensi anak pada tiga ranah pendidikan, mulai dari ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, meskipun setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda.

“Saya dan guru berupaya memaksimalkan kemampuan anak, karena saya lihat pada masa inilah kemampuan anak sangat bagus sekali, termasuk kita tanamkan juga pendidikan karakternya,” ujar Dewi. (oni)

News Feed