oleh

Warga Desa Plawangan Keroyokan Bangun Rumah Buruh Tani

-Headline-406 views

INDRAMAYU – Pemerintah Kabupaten Indramayu terus menggenjot program pengentasan kemiskinan melalui rehab rumah tidak layak huni (rutilahu). Terbaru, pemkab bersama jajaran pemerintahan kecamatan dan desa membongkar dan memperbaiki rumah milik Sudarmo (70) warga Blok Plawangan RT 004 RW 001 Desa Plawangan, Kecamatan Bongas.

Puluhan warga setempat dilibatkan untuk proses pembangunannya. Selain dukungan dari Pemcam Bongas dan Pemdes Plawangan, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Indramayu juga menyerahkan bantuan sebesar Rp8,5 juta. Bantuan diserahkan wakil ketua Baznas Indramayu, KH Moh Syathori SHI MA, Jumat (6/9).

“Pembangunannya dilaksanakan secara keroyokoan, gotong royong. Semua pihak dilibatkan. Kami dari Pemcam dan Pemdes Plawangan juga memberikan bantuan material serta bahan makanan dan uang untuk membeli lauk pauk,” kata Camat Bongas Iing Kuswara SSTP MSi didampingi Kuwu Desa Plawangan, Safrudin.

Sebelumnya, rumah buruh tani yang ditinggali bersama istri dan dua orang anaknya yang masih kecil-kecil itu kondisinya sangat memprihatinkan. Sebagian bangunan semi permanen yang terletak dipinggir sawah itu rubuh gara-gara diterjang angin kencang. Sampai-sampai bagian bangunan lainnya ditopang kayu agar tak ikutan ambruk.

Tidak hanya itu, pagar bambu banyak yang jebol. Sanitasinya pun tidak memenuhi syarat. “Karena itu kami berterima kasih kepada Pemkab, Baznas, Pemdes Plawangan, donatur dan masyarakat yang turut mebantu pembangunan rumah milik Sudarmo ini,” kata Camat Iing. (kho)

News Feed