oleh

Kemarau, Warga Semakin Masif Bakar Sampah

-Headline-471 views

INDRAMAYU – Perilaku warga membuang sampah di sembarang tempat disertai dengan aksi pembakaran semakin masif di musim kemarau seperti ini. Ironisnya, tindakan membahayakan itu belum mendapat perhatian serius dari pihak berwenang.

Seperti yang terpantau di sepanjang pinggir jalan raya Pantura Losarang. Tumpukan sampah di beberapa titik sengaja dibakar warga. Bahkan ada yang membakar sampah di pinggir sungai, tepian jalan raya dan tepat di bawah tiang listrik.

Selain menimbulkan dampak negatif yakni pencemaran air sungai serta sumber penyakit, cara itu mengancam kerusakan jaringan PLN. “Kalau kabel listriknya ikut terbakar, wah berbahaya itu. Bisa terjadi kebakaran,” ucap Mansyur kepada Radar, Jumat (6/9).

Dia mengaku khawatir jika pembakaran sampah sembarangan itu justru akan menumbulkan dampak luas bagi masyarakat sekitar. Meski tindakan itu disayangkan, namun ia juga memahami kenapa warga melakukan tindakan itu. Menurutnya, hal ini terjadi lantaran belum tersedianya Tempat Pembuangan Akhir Sampah (TPAS) di kawasan tersebut.

“Warga saya yakin sadar, tindakan itu salah. Tapi, persoalan sampah memang sangat dilemamatis, tidak ada solusi. Daripada terus menumpuk, mereka pikir cara yang sederhana adalah dengan dibakar,” terangnya.

Senada dilontarkan, Dede  warga lainnya. Aksi bakar-bakar sampah oleh warga patut dimaklumi. Sebab, produksi sampah terus meningkat, namun disisi lain tidak ada cara lain untuk mengatasinya selain dibakar.

Satu di antara cara atasi masalah sampah, saran dia, pemerintah harus berperan dan mengambil sikap dengan membangun TPAS. “Sekarang ini masih tampak sampah menumpuk dan berserakan di pinggir jalan. Berarti memang tempat pembuangan sampahnya tidak ada,” ungkapnya. (kho)

News Feed