oleh

Usai Salat Duha, Sebanyak 417 Siswi MTsN 7 Indramayu Ramai-ramai Minum Tablet Zat Besi

-Headline-1.270 views

INDRAMAYU-Sebanyak 417 siswi MTs Negeri 7 Indramayu minum tablet zat besi (Fe) bersama di lapangan kampus setempat, Kamis (5/9).

Dipandu petugas kesehatan dari UPTD Puskesmas Lohbener dan guru, para siswi secara bersama-sama meminum tablet Fe yang diberikan, setelah siswi melaksanakan salat Duha bersama.

Kegiatan yang dikoordinir UPTD Puskesmas Lohbener bersama pihak sekolah itu untuk meminimalisiasi perempuan usia muda mengalami anemia.

Kepala UPTD Puskesmas Lohbener, Hj Uswatun Hasanah SST SKM MHKes mengatakan, pemberian tablet zat besi (Fe) kepada remaja putri ke setiap sekolah di wilayah kerja UPTD Puskesmas Lohbener sudah menjadi agenda rutin yang melibatkan lintas program dari usaha kesehatan sekolah (UKS), tenaga promkes, dan sekolah.

“Kita berikan tujuh  kardus tablet zat besi (Fe) yang nantinya oleh UKS dibagikan kepada siswi secara merata. Sasarannya ya para siswi karena mereka sangat rentan terserang anemia. Nanti kita akan bagikan ke sekolah lainnya di wilayah kerja Puskesmas,” kata Uswatun.

Dikatakan Uswatun, zat besi sangat penting dikonsumsi remaja putri, terutama siswi sekolah yang rentan terserang anemia dalam menjalankan aktivitasnya. Menurutnya, masa remaja pertumbuhan berlangsung secara cepat, yang berdampak pada kebutuhan gizi semakin meningkat. Salah satunya, kebutuhan akan zat besi  yang sangat dibutuhkan sel tubuh, dan zat dasar penunjang proses pembentukan hemoglobin dan fungsi enzim.

“Remaja perempuan sangat membutuhkan asupan zat besi yang tinggi dibandingkan remaja laki-laki. Hal inilah yang menjadikan remaja perempuan sangat berisiko alami kekurangan zat besi pada akhirnya berkembang jadi anemia, kegiatan ini akan kita evaluasi,” ujarnya.

Asupan zat besi yang kurang seimbang dengan yang di keluarga remaja perempuan, dan hilangnya zat besi melalui darah yang keluar saat menstruasi, dijelaskan Uswatun, menjadi salah satu penyebab terserangnya anemia pada remaja perempuan.

Selain itu, sambungnya, ada beberapa faktor lagi yang mengakibatkan anemia diantaranya tidak cukupnya asupan makanan kaya zat besi ataupun makanan sumber vitamin C, sering melewatkan waktu makan, ataupun melakukan olahraga yang terlalu berat.

“Kami berharap dengan mengkonsumsi tablet zat besi secara rutin mampu meningkatkan konsentrasi belajar, yang dampaknya keprestasi, ketika dewasa nanti menikah sebagai calon ibu melahirkan generasi bangsa yang sehat, cerdas, dan unggul,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala MTs Negeri 7 Indramayu, Taryana SPd MA, sangat mengapresiasi langkah UPTD Puskesmas Lohbener yang ikut berperan aktif dan sangat perduli terharap masa depan anak bangsa, khususnya bagi siswi yang menginjak masa remaja, agar tidak kekurangan asupan zat besi (Fe).

Taryana berharap, dengan agenda minum tablet zat besi diikuti siswinya secara bersama-sama dapat memberikan pengetahuan kepada siswi manfaat dan tujuan mengkonsumsi tablet zat besi bagi mereka, sehingga berimbas pada peningkatan konsentrasi belajar dan prestasi siswa.

Taryana memuji langkah Puskesmas Lohbener yang membagikan tablet zat besi sebagai terobosan UPTD yang peduli kesehatan para siswi di wilayah kerjanya sehingga bisa menundukung sektor pendidikan.

“Jadi pantas UPTD Puskesmas terakreditasi utama dan menjadi puskesmas berprestasi di Indramayu, dan sekarang ikut berkontribusi pada bidang sektor pendidikan,” ujarnya. (oni)

News Feed