1062 Unit Rutilahu Segera Direhab

oleh -259 views
SOSIALISASI BSPS: Program BSPS aspirasi anggota DPR RI H Bambang Hermanto SE disosialisasikan kepada masyarakat calon penerima di Desa Arjasari Kecamatan Patrol, Jumat (2/4). FOTO: KHOLIL IBRAHIM/RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU-Anggota Komisi V DPR RI H Bambang Hermanto SE menyalurkan bantuan perbaikan sebanyak 1062 unit rumah tidak layak huni (rutilahu) di Kabupaten Indramayu. Pada tahun 2021 ini, lewat program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Tahapan sosialisasi program BSPS atau lebih dikenal dengan istilah bedah rumah ini mulai disosialisasikan. Oleh Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) beserta Baro Meter Center (BMC) kepada para calon penerima program.

“Sosialisasi ini adalah salah satu tahapan dari sekian banyak tahapan yang wajib dilaksanakan sebelum pelaksanaan program BSPS. Supaya calon penerima bantuan dapat memahami terkait pelaksanaan dan teknis lainnya,” terang Ketua BMC, Rifkiy Rizania Permana didampingi Koordinator Pendampingi Program BSPS, H Carita usai sosialisasi program BSPS di Desa Arjasari, Kecamatan Patrol, Jumat (2/4).

Program BPSP ini, lanjut Rifky, merupakan salah satu program aspirasi yang diperjuangkan oleh anggota DPR RI dari Fraksi Golkar H Bambang Hermanto SE. Diharapkan masyarakat khususnya dari keluarga miskin bisa tinggal di hunian yang layak huni.

Rifky menyebut, pada tahun 2021 ini jumlah rutilahu yang akan diperbaiki sebanyak 1062 unit. Tersebar di 25 desa di 7 kecamatan. “Tahun ini ada sebanyak 1062 unit. Insya Allah jumlahnya akan terus bertambah. Karena bedah rumah ini memang menjadi program prioritas H Bambang Hermanto,” ungkapnya.

Kordinator Pendampingi Program BSPS, H Carita menambahkan, bedah rumah ini tak hanya bertujuan meningkatkan kualitas tempat tinggal masyarakat agar lebih layak huni.

Tapi juga mampu membangkitkan semangat gotong-royong serta keswadayaan masyarakat untuk saling membantu antar sesama.

“Jadi program BSPS ini berupa stimulan. Tetap dibutuhkan keswadayaan dari masyarakat termasuk dukungan dari pemerintah desa,” katanya.

Sementara itu, Kuwu Desa Arjasari Jamaludin menyampaikan apresiasi kepada H Bambang Hermanto SE atas perhatian dan kepeduliannya kepada masyarakatnya. Dia mengakui, masih banyak masyarakat yang memiliki rumah yang tidak layak huni.

“Alhamdulillah, terima kasih atas bantuan melalui jalur aspirasinya. Program ini sudah lama kami tunggu dan pastinya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya. (kho)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *